Mengubah Ukuran Gambar dengan Nautilus Image Converter

Nautilus Image Converter adalah sebuah ekstensi untuk file browser Nautilus yang berfungsi sebagai alat pengubah ukuran file, ukuran resolusi, dan perotasi gambar. Kemampuan Nautilus Image Converter ini dapat mengubah ukuran gambar dari banyak file sekaligus. Dengan ekstensi ini, kita tidak perlu repot-repot lagi me-resize gambar dengan tool manipulasi gambar semacam GIMP misalnya.

Ekstensi ini akan sangat bermanfaat sekali ketika kita ingin me-resize banyak foto dalam waktu yang sangat singkat. Salah satu kasus yang mungkin terjadi ketika teman kita membutuhkan kumpulan foto hasil tangkapan kamera digital untuk dikirimkan lewat e-mail. Bisa dibayangkan, ukuran satu file foto kamera digital biasanya bisa mencapai 2 MB ~ 3 MB, dengan resolusi 4000 x 3000 pixel misalnya. Jika kita mengirimkan sepuluh buah foto, maka kita harus mengirimkan seluruh file dengan jumlah total ukuran sebesar 20 ~ 30 MB. Sesuatu hal yang kurang menyenangkan jika kita memiliki koneksi internet yang terbatas.

Contoh di bawah ini adalah perintah di terminal untuk mengetahui salah satu ukuran foto atau gambar dari Kamera Digital. Ukuran satu buah file foto atau gambar untuk  IMG_8014.JPG yaitu 1.987 MB dengan resolusi 4000 x 3000 pixel. Untuk mengetahui ukuran sebuah file foto atau gambar melalui terminal, kita dapat mengetikkan perintah berikut ini:

$ identify [nama_file_gambar.jpg]

Nautilus Image Converter

Nah, untuk menambahkan ekstensi Nautilus Image Converter ini, kita harus meng-install-nya terlebih dahulu. Perintah untuk meng-install-nya melalui terminal yaitu sebagai berikut :

$ sudo apt-get install nautilus-image-converter imagemagick

Setelah itu buka nautilus, dan buka direktori tempat kumpulan foto atau gambar berasal. Sorot dan pilih beberapa gambar di nautilus, lalu klik kanan. lalu Pilih Resize Images….

Nautilus Image Converter

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih dari Image Size dan Filename, di sini kita memilih ukuran berdasarkan Scale (skala) persentase. Kita pilih 20% dari gambar asli. Lalu Filename hasil resize foto/gambar ditambahkan kata .resized. Klik Resize jika sudah.

Nautilus Image Converter

Jika proses resize selesai, coba kita cek perbandingan dari salah satu gambar sebelum dan sesudah di-resize seperti gambar di bawah ini.

Nautilus Image Converter

Nah, sekarang coba kita cek dan bandingkan total ukuran file foto/gambar sebanyak sepuluh buah dari yang kita pilih tadi.

Nautilus Image Converter

Nah, bisa kita lihat kan. Jauh sekali perbandingan ukuran file-nya. Dari total 25.0 MB, setelah di-resize menggunakan ekstensi Nautilus Image Converter menjadi 1.2 MB dengan memperkecil ukuran gambar sebesar 20%. Ekstensi ini sangat membantu sekali dibandingkan jika kita harus me-resize foto/gambar satu-persatu menggunakan tool seperti GIMP misalnya. Dengan menggunakan ekstensi ini sangat menghemat waktu kita.

Ekstensi Nautilus Image Converter ini juga bisa merotasi foto/gambar. Caranya tinggal klik kanan, lalu pilih Rotate Images…. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *